SISTEM KOMPUTER

DOSEN SISTEM KOMPUTER BUAT APLIKASI SPREADSHEET UNTUK BANK SAMPAH

Sampah merupakan salah satu masalah pelik di kota Bandung. Berbagai upaya dilakukan oleh Pemerintah Kota Bandung untuk mengatasi masalah tersebut. Salah satunya adalah melalui Program Bank Sampah.

RW 08 Kelurahan Gegerkalong Kecamatan Sukasari Kota Bandung merupakan salah satu unit pengelola Bank Sampah yang aktif melakukan transaksi penimbangan sampah sebulan sekali. Kegiatan ini banyak diikuti oleh warga karena dapat membantu pemerintah kota sekaligus memberikan keuntungan ekonomis bagi mereka.

Sehubungan dengan itu, dosen Program Studi Sistem Komputer, Dr. Wendi Zarman, M.Si, telah membuat aplikasi spreadsheet untuk pendataan dan pengolahan data bank sampah. Aplikasi ini telah diterapkan di unit Bank Sampah RW 08 Kelurahan Gegerkalong di atas. Uji coba penggunaannya telah dilaksanakan pada Sabtu, 18 Juni 2022, di Kantor RW 08 Kelurahan Gegerkalong.

Sebelumnya, pengelola Bank Sampah RW 08 melakukan pendataan ini secara manual. Proses pencatatan dilakukan pada buku. Kemudian, satu demi satu data dihitung menggunakan kalkulator. Cara ini membuat perhitungan nilai jual sampah cukup lama. Tidak jarang juga terjadi kesalahan perhitungan.

Putri Sitta Nataly, Ketua Unit Bank Sampah RW 08 Gegerkalong, mengakui dengan aplikasi ini pencatatan hasil penimbangan dan perhitungan nilai jualnya menjadi mudah dan cepat. Datanya juga akan tersimpan rapi dan aman di dalam ruang penyimpanan komputer..

RW 08 Kelurahan Gegerkalong, Ir. H. Gunawan, MS menyambut baik adanya aplikasi ini. Beliau berharap aplikasi ini bisa turut berkontribusi membantu pemerintah kota dalam mengatasi persoalan sampah.

About Author
admin